Wednesday, March 6, 2013

Where's My Disk Space Gone? ($Recycle.bin folder)


Jika anda memeriksa disk (drive) anda, mungkin anda menemukan bahwa jumlah total memory file-file anda tidak sesuai dengan jumlah ruang drive yang terpakai. Mungkin anda mengira bahwa ada file-file di drive anda yang tersembunyi yang memakan memory drive anda.

Memang benar demikian kenyataannya. Jika anda pengguna Windows, maka setiap drive terdapat folder $RECYCLE.BIN (di Vista, 7, dan 8 dan RECYCLED DI Windows XP). Funginya yaitu untuk menyimpan file-file yang anda hapus melalui Windows Explorer. Hal ini hanya berlaku untuk file-file yang tersimpan di drive internal PC anda, bukan di memory eksternal. Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu anda tidak sengaja menghapus file dan ingin mengembalikannya lagi,maka file tersebut masih ada.
Namun lama-kelamaan folder $RECYCLE.BIN anda akan penuh (tergantung berapa kapasitas folder $RECYCLE.BIN anda) sehingga menghabisakan banyak ruang sehingga anda perlu menghapus file-file yang anda yakin tidak anda butuhkan lagi di folder $RECYCLE.BIN.
Sebelum menghapus anda bisa memeriksa semua folder yang ada di drive anda serta melihat masing-masing kapasitasnya. Anda bisa menggunakan aplikasi TreeSize yang bisa anda download di sini untuk melihat kapasitas folder di drive anda. Jangan lupa jalankan aplikasinya sebagai administrator.

Jika anda yakin untuk menghapus file-file atau mengkosongkan dalam $RECYCLE.BIN ikutilah langkah berikut:
- Buka command prompt as administrator (klik Windows >ketik "command prompt" >klik kanan dan pilih Run as administrator.
-Ketik rd /s /q C:$Recycle.bin kemudian tekan Enter
-Ketik exit kemudian enter 
C adalah drive tempat folder $RECYCLE.BIN yang ingin anda bersihkan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment