Monday, September 28, 2015

Cara Ampuh Bersihkan PC/Laptop dari Virus Shortcut


Virus shortcut merupakan virus yang tidak asing lagi bagi pengguna komputer karena virus ini sudah lama muncul dan sudah banyak blog yang membahas tentang cara membersihkan virus shortcut. Namun dari kebanyakan posting tentang cara membersihkan virus shortcut hanya membersihkan virus ini dari flashdisk atau flash drive. Di sini akan kami jelaskan cara membersihkan virus shortcut baik di flashdisk maupun PC atau laptop, karena sama juga bohong kalau flashdisk bersih tetapi di komputer masih bersarang virus shortcut toh akhirnya flashdisk akan terinfeksi lagi.

Yang kami maksud virus shortcut di sini ada dua macam yaitu:
1. Virus shortcut yang menyembunyikan folder dalam flashdisk dan menggantinya menjadi shortcut, sehingga nampaknya folder masih ada namun jika diperhatikan, folder-folder tersebut sebenarnya adalah file shortcut yang ukuranya sekitar 1 kb. Jika folder tersebut dibuka maka virus shortcut akan menginfeksi komputer.

2. Virus shortcut yang menyembunyikan semua data di flashdisk dan yang terlihat hanyalah satu file yaitu shortcut dari flashdisk itu sendiri sehigga memaksa anda untuk membuka atau klik dua kali shortcut tersebut dan booooom....virus akan menginfeksi komputer.
Jika salah satu virus di atas terdapat di flashdisk pastikan untuk tidak membuka file shortcut karena akan menginfeksi komputer. Anda dapat menghapus file-file shortcut dan mengembalikan data yang tersembunyi oleh virus.
Untuk terhindar dari virus shortcut pastikan anda mematikan fitur Autorun atau Autoplay pada PC atau laptop anda. Buka Control Panel kemudian pada search bar ketikan autorun kemudian pilih "AutoPlay"  atau "Change default setting for media or devices"

 
Kemudian hilangkan tanda coteng (tick/check) di sebelah kiri "Use AutoPlay for all media and devices" seperti no.1 pada gambar. Pada "Removable drives" pilih "Take no action" seperti gambar no. 2
Untuk lebih aman jika ada Camera storage atau Removable media lain ganti semua dengan "Take no action"
 Demikian adalah dua jenis virus shortcut dan cara mencegahnya agar tidak menginfeksi komputer.
Jika komputer sudah terinfeksi virus shortcut sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengatasinya yaitu dengan antivirus SMADAV. Download antivirus SMADAV kemudian install di komputer anda dan pastikan sudah di-update kemudian fullscan hingga selesai dan bersihkan semua virus yang terdeteksi.

No comments:

Post a Comment