Friday, December 12, 2014

Ganti Nama dan Icon Flashdisk/Flash Drive


Flashdisk sebagaimana orang-orang indonesia menyebutnya atau istilah lainnya Pen Drive atau Flash Drive merupakan alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk merupakan hardware tambahan yang sudah tak asing lagi bagi pengguna komputer karena perannya yang sangat vital sehingga banyak dari berbagai kalangan yang menggunakannya.

Seiring berkembangnya teknologi kapasitas Flashdisk pun semakin bertambah, jika pada awalnya Flashdisk hanya mempunyai kapasitas 8 MB sekarang mampu menampung data hingga 1 TB. Selain kapasitas yang bertambah transfer rate-nya pun semakin cepat dan bentuknya umumnya semakin tipis dan kecil atau ada juga bentuk yang unik.

Saya kira cukup sampai di sini pendahuluannya karena di sini saya ingin berbagi tips mengubah icon dan nama Flasdisk di Windows OS. Secara default Windows mempunyai icon tersendiri untuk Flashdisk. Jika anda menamai flashdisk secara manual (klik kanan> "rename"), maka panjang dan jenis karakter untuk nama Flashdisk anda akan terbatas. Dengan cara ini anda akan bisa mengganti icon Flashdisk anda dan memberi nama Flashdisk anda dengan karakter yang panjang dan dengan berbagai macam karakter (arab, jawa, dll.) Berikut adalah caranya:

Sebelumnya persiapkan icon yang anda kehendaki dengan ekstensi *.ico
Carilah gambar icon dari google atau buat icon anda sendiri.

Buka notepad kemudian ketik:
[autorun]
label=NamaFlashdiskAnda
ICON=NamaIconAnda.ico

keterangan:
Ganti NamaFlashdiskAnda sesuai dengan nama yang anda inginkan (misalnya alamat email atau nomor telepon anda)
Ganti NamaIconAnda samakan dengan nama icon yang telah anda download (agar lebih mudah anda bisa mengganti dengan nama yang simpel)

Kemudian simpan (Save as) dengan nama autorun.inf
Pada bagian Save as type, pilih All files
Pada bagian Encoding, pilih Unicode kemudian Save


Kemudian pindah icon yang telah anda download dan file autorun.inf ke dalam Flashdisk anda, eject Flashdisk dan tancapkan kembali maka icon dan nama Flashdisk sudah berubah.
 Jika anda menggunakan Windows 8/8.1, anda bisa dengan mudah menyembunyikan file autorun.inf dan file icon agar tidak terlihat di dalam flashdisk. Caranya sebagai berikut:
- Blok file yang akan anda sembuniykan (autorun.inf dan file icon)
- Klik Tab dan pilih Hide selected item.

Silakan tuliskan komentar jika ada pertanyaan...

No comments:

Post a Comment